Dua Perempuan Muslim Duduki Kongres AS - Islam di Amerika

Post Top Ad

Dua Perempuan Muslim Duduki Kongres AS

Dua Perempuan Muslim Duduki Kongres AS

Share This
ilustrasi
ISLAMDIAMERIKA -- Dua perempuan Muslim dari daerah pemilihan Minnesota dan Michigan terpilih sebagai anggota DPR Amerika Serikat dan menjadi Muslimah pertama yang menduduki Kongres AS setelah gelaran pemilu sela AS 6 November.

Dilansir dari Reuters, 8 November 2018, Ilham Omar an Rashida Thalib yang berasal dari Partai Demokrat yang merupakan perwakilan kelompok minoritas yang memiliki kesempatan untuk menjadi anggota DPR AS.

Di Minnesota, Omar yang berusia 36 tahun adalah seorang warga naturalisasi AS keturunan Somalia dan Muslimah pertama yang menggantikan anggota kongres AS Keith Ellison, pada 2006.

Omar mengkampanyekan kebijakan Partai Demokrat seperti kesehatan, biaya kuliah gratis, dan peningkatan anggaran perumahan umum.

"Saya tidak berharap untuk datang ke AS dan pergi ke sekolah dengan anak-anak yang khawatir tentang makanan seperti yang saya alami di tempat pengungsian," kata Omar seperti dikutip dari Reuters.

Omar menghabiskan empat tahun masa kecilnya di sebuah tempat pengungsian di Kenya. Dua tahun lalu, ia menjadi warga Somalia-Amerika pertama yang memenangkan kursi di badan legislatif bertepatan pada malam yang sama ketika Donald Trump memenangkan kursi presiden setelah kampanye di mana ia menyerukan larangan semua Muslim memasuki Amerika Serikat.

Selain didaulat sebagai perempuan Muslim pertama di Kongres AS, Omar juga akan menjadi anggota Kongres AS pertama yang mengenakan jilbab.

Sementara Tlaib, 42 tahun, juga memiliki sejarah menjadi perempuan Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota DPR AS. Anak tertua dari 14 saudara itu merupakan keturunan imigran Palestina di Detroit tempat ayahnya bekerja di pabrik otomotif Ford Motor.

Tlaib mendukung kebijakan liberal, kesehatan bagi seluruh warga, reformasi imigrasi dan membatalkan kebijakan Trump untuk melarang sebagian besar warga negara Muslim memasuki AS.

Tlaib menghubungkan kampanyenya dengan lonjakan aktivitas politik perempuan di Amerika Serikat setelah kemenangan Trump 2016 yang menakjubkan, yang menyinggung jutaan perempuan yang turun ke jalan-jalan di Washington dan kota-kota besar di seluruh negeri setelah pelantikannya.

"Hari ini, perempuan di seluruh negeri tertera di surat suara. Ya, dulu kami berbaris di luar Capitol Hill (kantor Kongres AS), tetapi sekarang kami berbaris ke Capitol, Kami datang!", tulis perempuan Muslim Kongres AS pertama itu di Twitter. (sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages